Objek Kajian Biologi dan Peran Biologi dalam Kehidupan

Objek Kajian Biologi - Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan, Biologi memiliki beberapa objek kajian yang sangat menarik untuk dibahas. Objek kajian biologi ini meliputi kehidupan manusia, hewan, tumbuhan dan berbagai jenis dari golongan mikroorganisme yang dapat di lihat langsung menggunakan mata maupun yang hanya bisa terlihat jika menggunakan alat yang disebut mikroskop.

Objek kajian Biologi terdiri dari berbagai tingkat organisasi kehidupan, yakni: Sel - jaringan - organ - sistem organ - individu - populasi - komunitas - ekosistem - bioma. Dalam tingkatannya objek biologi terbagi atas beberapa tingkatan, yaitu:
  1. Objek tingkat molekul. Hal yang dikaji dari tingkatan ini adalah adalah protein, karbohidrat, lipid (lemak) serta asam nukleat.
  2. Objek tingkat sel. Sel merupakan bagian/unit terkecil dari suatu makhluk hidup, jumlahnya sangat banyak di tubuh organisme.
  3. Objek Kajian Biologi dan Peran Biologi dalam Kehidupan
    images: uww.edu
    Objek tingkat jaringan. Jaringan dalam tubuh dibentuk dari berbagai sel yang mempunyai fungsi, tugas, dan bentuk yang sama. Contohnya:
    - jaringan-jaringan pada tumbuhan adalah jaringan parenkim, jaringan bunga karang, dan jarigan pengangkut.
    - jaringan-jaringan pada hewan seperti jaringan otot, jaringan epitel, dan lain sebagainya.
  4. Objek tingkat organ. Organ merupakan dari tubuh makhluk hidup yang terbentuk dari berbagai jaringan dan memiliki fungsi tersendiri.
    - organ pada Hewan adalah organ jantung, organ hati, dan orang ginjal.
    - orga pada tumbuhan terdiri dari akar, batang dan daun.
  5. Objek tingkat sistem organ. Sistem organ merupakan bagian organ yang tersusun dari berbagai organ dan saling bekerja serta mampu melakukan interaksi secara sinergis. Contohnya: sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem peredaran darah, dan sistem gerak.
  6. Objek tingkat individu. Objek ini merupakan hasil dari penggabungan beberapa sistem organ yang memiliki fungsi tertentu hingga akhirnya membentuk suatu individu. Contoh: manusia, hewan, dan tumbuhan.
  7. Objek tingkat populasi. Populasi dapat diartikan sebagai kumpulan beberapa individu sejenis yang berada pada suatu daerah dalam kurun waktu tertentu. Contohnya: sekelompok burung dara, dan rimbunan pohon bambu.
  8. Objek tingkat komunitas. Komunitas merupakan kumpulan dari beberapa populasi yang mendiami suatu wilayah. Contoh: kebun yang didalamnya ada populasi lebah, populasi pohon rambutan, dan populasi burung emprit.
  9. Objek tingkat ekosistem. Ekosistem adalah suatu kesatuan komunitas dengan lingkungan sekitar, dan memiliki hubungan timbal balik satu dengan lainnya. Contoh: ekosistem hutan, ekosistem pantai, dan ekosistem danau.
  10. Objek tingkat Bioma. Bioma adalah hasil kumpulan dari berbagai ekosistem yang membentuk satu kesatuan ekosistem dunia (global).
Peranan Biologi dalam Kehidupan

Ilmu Biologi tidak dapat lepas dari kehidupan sehari-sehari, ini dikarenakan manusia sendiri termasuk ke dalam komponen Biologi pada tingkat mamalia. Namun ada beberapa peranan biologi dan pemanfaatan ilmu biologi  dalam kehidupan manusia. Berikut adalah peranan biologi beserta cabang ilmunya dalam kehidupan:
  1. Pengelolaan mikroorganisme baik dalam kebutuhan industri makanan (bioteknologi) misalnya pada proses pembuatan tempe dari kedelai melalui pemanfaatan bakteri Rhizopus Sp., atau saat pembuatan tape dari singkong/ketan dengan memanfaatkan  bakteri Saccharomyces cereviceae.
  2. Rekayasa tumbuhan dengan melakukan perkawinan silang sehingga menghasilkan tanaman baru dan hasil buah yang lebih banyak (botani).
  3. Menghasilkan vaksin-vaksin untuk berbagai penyakit dan untuk menambah kekebalan tubuh terhadap beberapa penyakit (imunologi).